Langsung ke konten utama

Industri Kosmetik dan Spa Indonesia Kembangkan Sayap di Italia

Sejumlah perusahaan Indonesia ikut berpartisipasi pada pameran 49th Cosmoprof Worldwide Bologna, 17-20 Maret 2016, di kota Bologna, Italia. Guna semakin mendekatkan pelaku usaha Indonesia dan Italia, telah diselenggarakan Indonesia Business Forum on Cosmetic and Spa Productions di sela-sela 49th Cosmoprof Worldwide Bologna pada tanggal 19 Maret 2016 yang dihadiri sekitar 60 peserta yang terdiri dari pelaku usaha di bidang kosmetik baik dari Indonesia maupun Italia.
Forum Bisnis yang berlangsung pada hari Sebtu (19/03) di Concerto Room, Bologna District tersebut disponsori oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan dukungan KBRI Roma, dan ITPC Milan. Forum Bisnis diawali oleh sambutan dari Presiden Cosmoprof Bologna, Dino Tavazzi yang menyampaikan terima kasih dan menyambut baik pelaksanaan Forum Bisnis tersebut.
Acara dibuka oleh Duta Besar RI Roma, August Parengkuan, yang menjelaskan mengenai perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Italia yang terus membaik, ulasan kunjungan Presiden Italia ke Indonesia pada bulan November 2015 yang telah mendorong pengusaha kedua negara untuk memperluas kerjasama dan saling memanfaatkan kelebihan sesama anggota kelompok G20. Ia juga menjelaskan pesatnya perkembangan industri kosmetik Indonesia dan besarnya peluang bisnis kosmetik dan kecantikan yang bisa digali oleh pengusaha kedua negara terutama semakin meningkatnya jumlah kalangan menengah di Indonesia dan besarnya peluang pasar yang ditawarkan Indonesia terutama dalam kerangka integrasi komunitas ASEAN.
Hadir dalam Forum Bisnis ini Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahyono menjelaskan berbagai peraturan di bidang Industri kosmetik di Indonesia. Selain itu, hadir pula Juanita Aditiawan mewakili  Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia menjelaskan mengenai Perkembangan Industri kosmetik di Indonesia; Murni Sugestyana selaku Manajer Merk dan Produk PT. Paragon Technology and Innovation menjelaskan mengenai Kosmetik Halal; Dr. Fredi Setyawan selaku pemilik PT. Nur Hayu Nindyan menjelaskan Kosmetik Alami dan Herbal Indonesia; Amir Soejono selaku CEO PT. Bio Takara menjelaskan mengenai Industri Eyelashes dan Wig di Indonesia serta Tjokorda Istri Ratih Iryanni selaku Direktur PT. Nekhawa menjelaskan mengenai Sejarah dan Filosofi Spa dan Kecantikan Indonesia. 
Gabungan pembicara dari pihak pemerintah dan swasta membuat Forum Bisnis berjalan menarik. Berbagai presentasi dan video menarik telah memberikan dua perspektif baik dari pemerintah maupun pelaku usaha yang lebih mendalam bagi para peserta. Penyelenggaraan seminar mendapat tanggapan yang sangat positif dari para peserta yang tercermin dari aktifnya mereka untuk menggali informasi lebih banyak baik pada saat sesi tanya jawab maupun ramah tamah dengan para nara sumber dan pebisnis Indonesia. (KBRI Roma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini