Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mencegahnya

Jerawat adalah penyakit kulit dimana terjadi peradangan kelenjar minyak, yang terletak dibawah folikel rambut. Kelenjar ini memproduksi minyak dan mengeluarkannya melalui lubang pori-pori kulit.
Jerawat terjadi jika ada sumbatan pada pori-pori oleh sel kulit mati atau kotoran yang menyebabkan minyak yang diproduksi tidak bisa keluar akibatnya timbulah komedo, lalu jika komedo itu terinfeksi oleh kuman jerawat (Propioni bacterium acnes). Maka akan menjadi meradang yang disebut JERAWAT (ACNE).
Jerawat sering timbul diarea wajah, punggung, dada dan paling sering terjadi pada usia pubertas akibat pengaruh hormonal yang menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebihan. Namun usia dewasa pun juga dapat timbul jerawat.


Berikut adalah faktor-faktor penyebab jerawat :
  • Pubertas / Hormonal
  • Penggunaan kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori (Comedogenic)
  • Makanan seperti Kacang , Coklat, Pedas , Santan , Mie instant, Seafood. (Hal ini berhubungan dengan Jerawat, Alergi, Sehingga sangat Individual).
  • Kurang menjaga kebersihan wajah dan tangan.
  • Penggunaan KB Hormonal yang memicu jerawat
  • Stress (kurang tidur)
Pencegahan timbulnya jerawat dapat di lakukan dengan menjaga agar wajah selalu seimbang (Tidak terlalu berminyak) dengan cara mencuci wajah dengan sabun 2x sehari , jika menggunakan Make-up selalu gunakan susu pembersih untuk membersihkan wajah. Hindari faktor penyebab jerawat adalah kunci bebas Jerawat.

https://www.drmaharaniprima.com/penyebab-timbulnya-jerawat

Komentar

Postingan populer dari blog ini