TANDA-TANDA PENUAAN DI KULITMU

Kita tahu bahwa kulit kita mengalami penuaan sehari-hari, tapi kita baru menyadarinya saat kita baru melihat tandanya muncul. Penuaan adalah proses alami dimana proses pembaruan sel kulit dan produksi kolagen kita melambat, melemahnya struktur pendukung internal dan lapisan pelindung alami kulit. Kemerosotan proses pembaruan kulit kita, dikombinasikan dengan faktor lingkungan dan gaya hidup, seperti polusi, dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih dini.
Kemerosotan proses pembaruan kulit menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih dini.
Tapi, tanda-tanda penuaan tidak muncul begitu saja. Bahkan sebelum mereka terlihat di luar, mereka telah ada di dalam kulit semenjak umur 20an.

Bagaimana kulit kita menunjukkan tanda-tanda penuaan?

Di umur 20an

Tanda penuaan pertama muncul di sekitar mata kita dalam bentuk kerutan di samping dan penurunan lipatan mata atas yang membuat mata terlihat lebih kecil. Garis halus juga mulai terbentuk di sekitar hidup dan bibir atas mulai merosot.
Tanda penuaan lainnya berhubungan dengan kurangnya perlindungan terhadap matahari. Melewatkan penggunaan sunscreen di umur 20an mempercepat kerusakan akibat matahari dari dalam, menyebabkan pembentukan bintik gelap di luar.
Tanda pertama penuaan dapat muncul sedini umur 20an seperti garis halus sekitar mulut dan hidung, bintik gelap, lingkaran gelap di bawah mata, dan kelopak mata yang menurun.
Paparan berkelanjutan terhadap sinar UV matahari yang berbahaya (photo-exposure) sebabkan produksi melanin jauh di dalam kulit yang terlalu banyak. Hal ini menyebabkan hiperpigmentasi, yang membuat kulit kita lebih gelap dan berwarna tidak rata, yang menjelaskan lingkaran gelap di bawah mata kita.

Di umur 30an

Tanda berikutnya penuaan yang muncul adalah garis halus dan memanjang yang terbentuk dari ekspresi wajah kita. Garis ini menjadi lebih dalam seiring usia.
Tanda berikutnya dari penuaan adalah garis lurus di wajah seperti garis tawa atau garis kerutan.
Garis kerutan diantara alis kita mulai terlihat. Garis tawa di sekitar hidung dan mulut terlihat lebih jelas, sebagian karena ulah gravitasi. Kulit kita mulai kehilangan volume serta elastisitasnya dan garis-garis ini makin jelas terlihat. Bibir atas juga terlihat semakin menipis.

Dari umur 40an ke atas

Di umur 40an, kulit kita terus kehilangan volume dan elastisitasnya, menyebabkan garis wajah kita dan lipatan-lipatan lebih kendur. Garis rahang yang semakin jatuh juga menyebabkan perubahan secara keseluruhan di wajah kita, membuat wajah kita terlihat lebih letih. Ini adalah tanda-tanda lebih lanjut dari penuaan kulit.
Garis-garis ini mendalam menjadi lipatan serta kerutan sementara kulit kita kehilangan olumenya pada umue 30 dan 40an.
Cara kulit kita menua tergantung dengan jangka umur sel kulit yang tertulis di DNA kita. Tetapi, hingga 50% proses penuaan kita disebabkan oleh faktor lingkungan seperti kerusakan matahari dan merokok. Pelajari bagaimana faktor lingkungan mempengaruhi penuaan. Atau, cari solusi untuk membantumu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini